Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Folavit - Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Folavit

zonainformasi.id - Folavit merupakan suplemen yang mengandung asam folat. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel-sel DNA sehingga sangat baik untuk perkembangan janin. Folavit tersedia dalam bentuk tablet dan setiap tabletnya mengandung 400 mcg asam folat.

Manfaat Folavit

Beberapa manfaat yang tergandung dalam suplemen ini adalah sebagai berikut:

Suplemen Pra-Kehamilan
Kandungan asam folat pada Falovit baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Selain baik untuk wanita, folavit juga baik untuk pria karena dipercaya dapat meningkatkan kualitas sperma. Dengan kualitas sperma yang baik maka dapat meningkatkan peluang kehamilan serta mengurangi bayi lahir kurang sempurna.

Nutrisi Tambahan bagi Ibu Menyusui
Selain baik pada saat masa kehamilan karena kandungan asam folat bermanfaat untuk proses pembentukan jaringan tubuh bayi. Folavit juga bermanfaat bagi ibu menyusui karena dapat memberikan tambahan asupan vitamin harian.

Mengatasi Anemia
Kandungan asam folat pada Folavit mampu mengatasi anemia megaloblastik atau anemia akibat kelaian pembentukan DNA sel darah merah dan juga anemia akibat kekurangan nutrisi. Salah satu manfaat dari asam folat adalah mempunyai peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Dosis Yang Dianjurkan

Untuk dosis penggunaan Folavit yang baik dan benar tentunya berdasarkan arahan dokter. Namun pada dasarnya dosis yang disarankan untuk kondisi tertentu adalah sebagai berikut:
  1. Untuk program kehamilan baik pra ataupun masa kehamilan, serta ibu menyusui dosis yang diberikan 800 mcg satu kali sehari.
  2. Untuk mengatasi anemia atau defisiensi asam folat, dosis yang diberikan 400-800 mcg satu kali sehari (untuk usia dewasa).
Folavit sendiri tidak disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Sedangkan untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil atau ibu menyusui tetap lebih baik konsultasikan penggunaan dosis yang lebih pasti pada dokter.

Efek Samping

Efek samping yang bisa saja muncul ketika mengkonsumsi suplemen ini adalah sebagai berikut:
  • Sulit tidur, sulit konsentrasi, mudah marah dan cemas, bingung hingga depresi.
  • Mual, muntah, perut kembung, sakit perut.
  • Gatal, ruam merah, pembengkakan, mata berair hingga sesak nafas.
Untuk menghindari efek samping tersebut, konsumsilah sesuai dengan dosis yang disarankan oleh dokter. Namun apabila mengalami efek samping seperti diatas, baiknya hentikan penggunaan dan konsultasikan ke dokter.

Posting Komentar untuk "Folavit - Manfaat, Dosis dan Efek Samping"